Jumat, 14 Mei 2010

siraman rohani kusus Jum'at ( Mesjid Cunda )

menjauhkan diri dari rezeki yang HARAM

setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan. namun kebahagian itu akan diperoleh, apabila kehidupannya di jalani dengan rezeki yang halal. walaupun rezeki yang halal di peroleh sedikit namun lebih bermakna dibandingkan banyak tetapi haram.

cerita di masa Rasulullah SAW.
Ada seorang pemuda fakir juga miskin yang sangat kelaparan karena sudah 3hari tidak makan. Dan pada suatu malam dia melintasi didepan sebuah rumah mewah, kemudian dia mencium aroma makanan yang lezat, karena merasa sangat lapar, tanpa berfikir panjang sipemudapun nekat menyongkel jendela dan masuk kedalam rumah tersebut.
Ketika berada didalam rumah, sipemuda langsung menuju kedapur dan membuka tudung saji yang ada diatas meja. sipemudapun melihat makanan yang lezat tersebut dan bergegas ingin memakannya, namun dia teringat pada sepatah hadis Rasulullah " yakinlah barang siapa yang meninggalkan yang haram maka Allah akan menggantikan dengan yang halal dan terlebih baik" . dengan mengingat hadis tersebut sipemudapun tidak jadi memakannya, kemudian sipemuda menuju keruang tengah dan dia melihat sebuah lemari didalamnya berisi banyak uang sipemudapun ingin mengambilnya dan iapun teringat pada hadis Rasulullah lagi, sipemudapun tidak jadi mengambilnya, dansipemudapun melihat kedalam kamar yang didalamnya ada seorang perempuan yang lagi tidur pulas dengan mengunakan pakaian terbuka, sipemudapun ingin memerkosanya, kemudian ia teringat hadis Rasulullah maka diapun tidak jadi melakukannya, dan sipemudapun keluar dari rumah tersebut lalu dia menuju kemesjid sambil menangis dan beristiqfar. sesampai didalam mesjid dia terus menerus menangis dan beristiqfar sampai ia tertidur.
Keesok harinya ada seorang perempuan yang menjumpai Rasulullah dan bercerita," ya Rasulullah semamalam rumah saya dimasuki maling hampirsaja kehormatan dan harta benda saya diambil, tetapi beruntung semua itu tidak sempat terjadi dan saya yakin suatu hari nanti kejadian itu pasti akan terulang. dari itu perempuan tersebut memohon pada Rasulullah agar dicarikan seorang pendamping(suami) yang beriman dan bisa menjaga dia dan harta bendanya, kemudian Rasulullah menjawab baiklah kalau begitu".
lalu Rasulullah pergi ke mesjid dan melihan ada seorang pemuda yang sedang tidur, kemudian Rasulullah membangunkan pemuda tersebut dan bertanya apa kamu muslim? apa kamu mukmi? apakah kamu lajang dan sipemuda menjawab benar ya Rasulullah saya muslim juga mukmin dan lajang. Rasul bertanya lagi apa kamu mau menikah? pemudapun menjawab mau ya Rasul kemudia Rasul bertanyak kepada perempuan tersebut apa kamu mau menikah dengannya? siperempuan pun menjawab, kalau itu pilihanmu saya mau ya Rasul. rasulpun bertanya pada pemuda tersebut apa kamu siap menikah dengan perempuan ini?, sipemudapun menjawab , ya Rasul saya ini seorang pemuda yang fakir juga miskin, bagai mana saya bisa menikahinnya,saya tidak punya apa - apa yang saya punya sekarang hanyalah lapar yang sudah tiga hari tidak makan.
kemudian Rasul memanggil sahabat - sahabat semua dan mengadakan rapat untuk menikahkan pemuda tersebut, dan sahabat juga menyumbangkan hartanya untuk mahar menikahkan sipemuda tersebut.
setelah pemuda tersebut dinikahkan dan sipemuda dengan bergegas memeluk Rasulullah dan berkata, ya Rasulullah sayalah yang masuk kerumah perempuan ini tadi malam karena saya sangat lapar, tetapi itu semua tidak jadi saya lakukan karena saya teringat dengat hadismu yarasul.
maka makanan yang ingin dikan tadi malam sekarang di hidangkan dan juga uang yang ingin di ambil tadi malam sekarang di berikan kepadanya dan tubuh yang tadi malam ingin dizinahi maka diberikan kepadanya seutuhnya oleh istri kepadanya

itulah hikmah yang didapatkan oleh seorang pemuda yang menjauhi yang haram dan diganti dengan yang halal lebih baik pula oleh ALLAH SWT

Tidak ada komentar: