Minggu, 16 Mei 2010

UNSUR – UNSUR TERBENTUKNYA BANGSA

UNSUR – UNSUR TERBENTUKNYA BANGSA
Menurut Hans Kohn, kebanyakan bangsa terbentuk karena adanya faktor – faktor objektif tertentu yang membedakannya dari bangsa lain, yakni kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat-istiadat, kesamaan politik, perasaan, dan agama. Dengan demikian, faktor objektif terpenting bagi terbentuknya suatu bangsa ialah adanya kehendak atau kemauan bersama atau “nasionalisme”.
Contoh: terbentuknya bangsa Indonesia dengan kebhinekaan suku, agama, ras, dan golongan yang terbentang dari sabang sampai marauke telah teruji dalam kurun waktu lebih dari 3 abad. Padamasa penjajahan belanda selama 350 tahun dan jepang 3,5 tahun, meskipung dengan berbagai politik pecah belih dan adu domba “ devide et impera”, namun tidak mampu dipisahkan niat, tekat, jiwa, dan semangat bangsa Indonesia dalam membentuk Negara kesatuan republik Indonesia melalui proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945.
Friedrich hertz ( jerman ) dalam bukunya “ nationality in history and politic” mengemukakan bahwa ada empat unsure yang berpengaruh bagi terbentuknya suatu bangsa yaitu:
1. Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri atas kesatuan nasional, ekonomi, politik, agama, kebudayaan, komunikasi, dan solidaritas.
2. Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya, yaitu bebas dari dominasi dan campurtangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya.
3. Keinginan akan kemandirian, keunggulan, individualitas, keaslian atau kekhasan. Contoh: menjungjung tinggi bahasa nasional yang mandiri.
4. Keinginan untuk menonjol ( unggul ) diantara bangsa – bangsa dalam mengejar kehormatan, pengaruh dan prestise. ( pendidikan kewarga negaraan. Budianto. 12)

Tidak ada komentar: